*TUKAR LINK*

7.6.13

Membuat Halaman Lanjutan di Ms.Excel

Assalamu’alaiku wr.wb. Apa kabar sobat semoga sehat selalu ya?
Bertahun-tahun kerja dengan Ms.Excel akhirnya rasa penasaran saya terjawab juga waktu kemarin ada kerjaan yang mendesak saya untuk mencari tahu bagaimana cara membuat nomor halaman lanjutan di Ms.Excel, sebenernya sederhana sih tapi sebelumnya saya tidak pernah mencari tahu bagaimana cara untuk memberikan page number untuk halaman lanjutan pada setiap lembar kerja Excel. Nah bingung deh apa sih maksudnya...!!
Untuk memberikan nomor halaman pasti semua sudah mengetahuinya yaitu dengan cara pilih tab page layout (page setup), pada tab header/footer lalu custom header/footer tentukan posisinya kanan, tengah, kiri atas atau bawah lalu klik insert page number klik OK setelah di preview maka tampil di pojok angka 1 sebagai page numbernya.
Nah saya penasaran bagaimana cara untuk merubah hal tersebut dan saya ingin merubah halaman 1 pada MS.Excel ini menjadi halaman ke 7 misalnya. Sering saya temukan cara pembuatan halaman pada Ms.Excel dengan cara manual/di ketik pada setiap bagian akhir teks di Ms.Excel. Di Ms.Word itu gampang ditemukan yang namanya Star at tapi di Ms.Excel tidak tertulis start at atau dimulai pada halaman berapa. Maka saya coba share aja tutorial ini buat para pengguna Ms.Excel yang sering mencantumkan nomor halaman pada setiap lembarnya.
Langkah pertama:
1.  Setelah dokumen pada Ms.Excel dibuka pilih tab Page Layout (Page setup)
2.  Pilih tab header/footer tentukan  posisinya - pilih custom header/footer
3.  Jika sudah menentukan posisi nomor halaman misalkan pada custom header klik insert page number
4.  Kembali pada tab Page. Pada kolom First page number ubah auto menjadi angka berapa saja sesuai kebutuhan sobat misalkan tadi halaman pertama di excel akan kita buat menjadi halaman ke 7 Klik OK selesai.
merubah auto pada first page number

Untuk melihat hasilnya klik print preview maka secara otomatis halaman pertama akan menjadi halaman ke 7 dan seterusnya.

Langkah kedua : adalah menentukan alur penomoran halaman yang sudah dibuat tadi, apakah halaman akan mengurut ke bawah atau ke kanan, untuk merubahnya pada tab Sheet di bagian Page Order :
- pilihan pertama Down, then over untuk mengurutkan nomor halaman ke bawah.
tampilan penomoran halaman dengan page order down, then over

- pilihan kedua Over, then down untuk mengurutkan nomor halaman ke kanan.
tampilan no.halaman dengan page order over, then down

Nah begitulah cara membuat halaman lanjutan di Ms.Excel semoga bermanfaat. Selamat mencoba
Wassalam.
>
Berikan komentar terbaik Anda menggunakan:



atau

26 komentar:

  1. oalah caranya gitu toh .
    ish aku juga waktu itu bingung mas .
    hahha ..
    wah mesti harus bnyak belajar nih sama mas nabil . pakarnya excel :)

    BalasHapus
  2. Makasih tutorialnya sob sangat bermanfaat...mantap

    BalasHapus
  3. nanti dicoba ah kang...
    baru tau ada trik seperti ini...
    makasih share nya :)

    BalasHapus
  4. Saya sehari-hari bekerja dengan excel tapi jarang memperhatikan yang seperti itu. Terima kaish atas informasinya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga baru ketemu sekarang ini. btw trimakasih ramuan-nya saya pake kolom komentar dari mas Rus.
      buat wewengkon juga makasih

      Hapus
  5. makasih mas ilmunya , menambah khasanah per excelan saya..
    mas kok pinter sih, makan apa mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh agan Agus ini mujinya jgn loebay euy B aja mas hehe...

      Hapus
    2. word aja ndak begitu nguasai apalagi excel, hehe

      Hapus
  6. Makasih infonya, saya lebih sering menambahkan halaman lewat MS. Setelah file excel di print, saya print nomor halaman lewat MS, soale sulit menempatkan di tempat yang sesuai kalau lay outnya lanscape.

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D yang penting kerjaan beres dan rapih ya gan. trims komen dan kunjungannya

      Hapus
  7. Kunjungan Blog Flying siang Mas,.. terima kasih telah berbagi tutornya. Ini menambah pengetahuan saya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims sudah mampir lagi digubuk saya

      Hapus
  8. saya nggak begitu ngerti soal excel..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK gan mungkin lain waktu butuh tq :D

      Hapus
  9. mau dong bang download ebok nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sy belum punya dan enggak punya ebooknya sory gan..

      Hapus
  10. ini yang saya cari..makasih ya gan..tutorialnya..followback ya gan

    BalasHapus
  11. saya jarang sekali menyentuh exel mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setiap hari makanannya itu gan :) ya emang itu tugas. trims

      Hapus
  12. ajib.. keren untuk buat tugas juga :D

    BalasHapus
  13. mudah dipahami sob, cara ini jadi mempermudah.

    BalasHapus
  14. Trim's atas penjelasannya, saya sudah tidak bingung lagi dalam membuat laporan

    BalasHapus

Jika bermanfaat silahkan copy tulisan yang ada di blog ini jangan lupa mencantumkan sumber. dan tinggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik.
Mohon maaf jika komentar anda tidak langsung dibalas karena saya tidak standby.