*TUKAR LINK*

3.1.13

Amalan Surat Al-Kahfi dan Fadhilah membacanya

Surat Al-Kahfi termasuk surat Makkiyah yang merupakan surat ke-18 terdiri dari 110 ayat. Al-Kahfi artinya  gua dan Ashabul Kahfi yang artinya penghuni-penghuni gua, kedua nama tersebut diambil dari kisah yang terdapat pada ayat 9 - 26, menceritakan beberapa pemuda yang tertidur dalam gua selama bertahun-tahun. dan terdapat beberapa kisah yang mengandung i'tibar dan pelajaran yang sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Pokok-pokok isinya:

1. Keimanan:
Kekuasaan Allah swt untuk memberi daya tahan hidup pada manusia di luar hukum kebiasaan: dasar-dasar tauhid serta keadilan Allah s.w.t. tidak berobah untuk selama-lamanya; kalimat-kalimat Allah (ilmu-Nya) amat luas sekali, meliputi segala sesuatu, sehingga manusia tidak mampu buat menulisnya. Kepastian datangnya hari berbangkit; Al Quran adalah kitab suci yang isinya bersih dari kekacauan dan kepalsuan.

2. Hukum-Hukum:
Dasar hukum wakalah (berwakil); larangan membangun tempat ibadah di atas kubur; hukum membaca "Insya Allah", perbuatan salah yang dilakukan karena lupa adalah dimaafkan; kebolehan merusak suatu barang untuk menghindarkan bahaya yang lebih besar.

3. Kisah-Kisah:
Cerita Ashhabul Kahfi; cerita dua orang laki-laki yang seorang kafir dan yang lainnya mukmin; cerita Nabi Musa a.s. dengan Khidhr a.s.; cerita Dzulkarnain dengan Ya'juj dan Ma'juj.

4. lain-lain:
Adapun beberapa pelajaran yang dapat diambil dari cerita-cerita dalam surat ini antara lain tentang kekuatan iman kepada Allah swt serta ibadah yang ikhlas kepadaNya; kesungguhan seseorang dalam mencari guru (ilmu) adab sopan-santun antara murid dengan guru; dan beberapa contoh tentang cara memimpin dan memerintah rakyat, serta perjuangan untuk mencapai kebahagiaan rakyat dan negara.

Fadhilah membaca Surat Al-Kahfi
1. Apabila membaca surat Al-Kahfi pada malam dan siang hari, Insya Allah akan memperoleh cahaya yang menerangi diantara kedua Jum'at. Hal tersebut sejalan dengan hadits dari Abu Sa'id Al Khudri, Rasulullah bersabda:

(مَنْ قَرَأَسُوْرَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ اْلجُمُعَةِ اَضَاءَلَهُ مِنَ النُّوْرِمَابَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ (واه النسائ والبيهقى والحا كم

man qara'a suratal-kahfi fi yaumil-jumu'ati adhaa'a lahu minan-nuri ma bainal-jum'atain
Artinya:
"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum'at, maka ia akan diberi cahaya yang dapat meneranginya di antara kedua Jum'at." (HR. Nasa'i, Baihaqi dan Al-Hakim)

2. Membiasakan membaca surat Al-Kahfi, Insya Allah pada hari kiamat akan terpancar cahaya dari bawah kakinya, serta diampuni segala dosanya.
Hadits yang diterima dari Ibnu Umar r.a, Rasulullah bersabda:

man qara'a suratal-kahfi fi yaumil-jum'ati satha'a lahu nurum min tahti qadamihi ila 'ananis-sama'i yudi'u lahu yaumal-qiyamati wa gufira lahu ma bainal-jum'atain.

Artinya:
"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum'at, maka cahaya akan memancar dari bawah kakinya hingga menjulang ke atas langit, dan akan meneranginya pada hari kiamat, serta diampuni dosa-dosanya yang terdapat di antara dua Jum'at." (Rawahu Ibnu Mardawaih).

dan Rasulullah SAW bersabda:
مَنْ قَرَأَسُوْرَةَ الْكَهْفِ كَمَاأنِزِلَتْ كَل نَتْ لَهُ نوْرَايَوْمَ القِيَامَةَمِنْ مَقْامِهِ اِلَى مَكَّةَ

manqara'a suratal-kahfi kama unzailat kanat lahu nuran yaumal-qiyamati min muqamihi ila Makkah

Artinya :
"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi sebagaimana ia turunkan, maka pembaca itu menjadi cahaya baginya di hari kiamat sejauh tempatnya berdiri hingga Mekah."


Segala yang kita jalani dengan ikhlas mengharap ridho Allah dengan penuh keyakinan kepada Allah Insya Allah akan menghasilkan kebaikan di dunia akhirat. Amiin.
Semoga bermanfaat bagi kita semua.



Download Surat Al-Kahfi.Mp.3 Disini
Download IDM 6.14 Final Disini



>
Berikan komentar terbaik Anda menggunakan:



atau

3 komentar:

Jika bermanfaat silahkan copy tulisan yang ada di blog ini jangan lupa mencantumkan sumber. dan tinggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik.
Mohon maaf jika komentar anda tidak langsung dibalas karena saya tidak standby.