*TUKAR LINK*

7.1.13

Cetak Label Undangan Dengan Mail Merge Part 1


Mail Merge adalah fasilitas yang disediakan oleh Microsoft Word guna mempermudah dan meringankan pekerjaan dalam membuat sebuah surat undangan, amplop, label alamat, yang ditujukan kepada orang lebih dari satu atau untuk orang banyak. Jadi pengertian Mail Merge adalah membuat satu surat atau dokumen dengan template yang sama namun alamat tujuan yang berbeda-beda.

Mail Merge akan berjalan apabila ada database (yang berisi data nama-nama orang yang dituju).

Saat ini saya ingin menguraikan langkah-langkah membuat Label Undangan perkawinan, khitanan dsb. dengan memanfaatkan fasilitas Mail Merge tersebut, lumayan pegel kalau kita tulis nama-nama orang yang kita undang dan jumlahnya ratusan bahkan kadang bisa lebih.

Nggak usah berbelit belit berikut langkah membuat Mail Merge Label Undangan.

Langkah awal beli dulu label Tom & Jeri (T & J) 103 atau merk lain. Di bawah ini saya menggunakan label T & J 103. Lalu buka Ms.Word 2007 atau lebih tinggi.

1. Buat dokumen baru Pilih Tab Mailings lihat screen shot

Screen shot 1


2. Pilih/klik Toolbar Labels >> pilih Options

Sreen shot 2

3. Pada jendela Label Options Pilih Details untuk menyesuaikan jumlah dan ukuran label yang akan digunakan.

Screen shot 3

4. Pada jendela Details setting dan isikan ukuran seperti yang akan saya uraikan setelah penjelasan di bawah ini.

Biasanya Ms.Word 2010 kolom Label name dan vertical pitch dalam keadaan tidak aktif, maka anda harus merubah ukuran halaman pada kolom Page Size : Latter Landscape (11 x 8 ½ in) ubah menjadi Custom dan tentukan terlebih dahulu Number across dan Number down dengan angka seperti di bawah:

Screen shot 4

· Label name : T & J (atau terserah anda)
· Top margin : 1 cm
· Side margin : 0,4 cm
· Vertical pitch: 3,8 cm
· Horizontal pitch : 6,8 cm
· Label height: 3,2 cm
· Label width: 6,4 cm
· Number across: 3
· Number down: 4
· Page Size: Custom
· Page width:20,4 cm
· Page Height: 16,1 cm


5. Klik OK dan OK

6. Pada Jendela Envelopes and labels pilih New Document yang secara otomatis akan berpindah ke halaman baru.

Screen shot 5

Screen shot Hasil New Document (Bisa diisi manual atau dengan Mail Merge)

7. Simpan dengan nama Label Undangan. selesai

NB: Pada dasarnya format label ini bisa di tik manual di komputer.

Langkah diatas adalah tahap awal pembuatan format tabel di Ms.Word sebelum saya lanjutkan ke tahap pembuatan Mail Merge.

Tunggu tahap selanjutnya. Terima kasih. Semoga membantu bermanfaat

>
Berikan komentar terbaik Anda menggunakan:



atau

Tidak ada komentar:

Jika bermanfaat silahkan copy/gunakan dengan bijak tulisan yang ada di blog ini jangan lupa mencantumkan sumber. dan tinggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik.
Mohon maaf jika komentar anda tidak langsung dibalas karena saya tidak standby.